Selasa, 15 Juni 2010

“MANUSIA BISA DIPASANG CHIP”

Dalam cerita fiksi ilmiah, penanaman chip berteknologi canggih dalam tubuh manusia sepertinya sering ditampilkan dan sudah tidak asing lagi. Sekumpulan pasukan khusus dalam film universal soldier adalah salah satu contohnya. Chip yang ditanam dalam tubuh tiap tentara malah menjadikan mereka tentara-tebtara dahsyat yang bisa diatur. Bahkan sang operator bisa tahu apa yang mereka lakukan.

Teknologi canggih itu sekarang beber-bener sudah terwujud. Sekarang ini chip-chip itu lagi dipersiapkan. Dan bila hasilnya sudah jadi, bukan tidak mungkin microchip tersebut siap ditanamkan ke dalam tubuh manusia. Survei sempat dilakukan oleh asosiasi IT di Jerman, Bitkom. Menurut hasil penelitian mereka, satu dari empat orang Jerman ternya bersedia dengan senang hati tubuhnya ditanami chip. Asalkan chip yang dimaksudkan bermanfaat untuk dirinya. Srbanyak 23% dari 1000 responden setuju ditanami chip bila tujuannya positif.

Misalkan saja chip itu berguna untuk penyelamatan awal dalam mengantisipasi bencana atau kebakaran, 16 responden siap ditanamo chip. Lucunya 5 % responden ingin chip itu ditanam agar acara belanjanya tidak terganggu. Menurut kepala Bitkom, contoh tadi merupakan ekstrimnya daya khayal manusia tentang jaringan. Sementara yang menolak jauh lebih banyak.Sebanyak 72 responden tidak memberikan ijin bila tubuhnya dipasangi bebda-benda elektronik seperti chip.

Survei ini dilakukan untuk melihat kalau batasan antara dunia nyata dan dunia maya tidak jauh beda. Dan sepertinya merealisasikan microchip yang ditanam kedalam tubuh manusia semakin mendekati kenyataan. Kalau iya, akan seperti apa manusia? Bisa setengah robot dunk….! (sumber: detikinet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar